Thalasemia | Pengertian, Gejala, Pengobatan

Pengertian Thalasemia - Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetika sehingga menyebabkan protein yang ada pada sel darah merah tidak berfungsi dengan normal. Sumsum tulang menggunakan zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin yang ada dalam sel darah merah tersebut berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Rendahnya kadar hemoglobin yang dimiliki penderita penyakit thalasemia, menyebabkan tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalasemia juga lebih rendah.

Gejala Thalasemia

Setiap orang bisa berbeda-beda ketika mengalami gejala thalassemia karna tergantung pada tingkat keparahan serta tipe thalassemia itu sendiri yang tengah diderita. Gejala thalassemia yang umum terjadi antara lain sebagai berikut:

  • Wajah menjadi pucat
  • Pertumbuhan tubuh terhambat
  • Kekurangan sel darah merah
  • Urine berwarna keruh
  • Kulit dan bagian mata yang berwarna putih berubah menjadi kuning
  • Perut mengalami pembengkakan

Hemoglobin yang dimiliki bayi yang baru lahir berbeda dengan hemoglobin normal, yaitu fetal hemoglobin. Fetal hemoglobin akan menjadi hemoglobin normal setelah bayi berusia enam bulan. Oleh sebab itu bayi yang terlahir dengan thalassemia kebanyakan akan mengalami gejalanya setelah menginjak usia enam bulan keatas.

Kurangnya hemoglobin pada anak-anak penderita thalassemia parah akan menimbulkan banyaknya produksi sumsum tulang dari biasanya. Cara tersebut adalah untuk mengatasi kurangnya hemoglobin. Dan hal tersebut menjadi sebab tidak wajarnya pertumbuhan tulang atau kelainan bentuk pada kerangka tulang.

Untuk memproduksi lebih banyak hemoglobin selain dengan cara seperti tadi,tubuh juga akan menyerap zat besi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi atau bisa juga melalui transfusi darah yang mengakibatkan bertumpuknya zat besi dalam tubuh. Dan hal tersebut dapat berpotensi menimbulkan beberapa masalah seperti berikut:
Akan lebih rentan terkena infeksi karna akibat dari rusaknya jaringan lunak, terutama hati dan limpa
Tertundanya pertumbuhan tubuh saat pubertas atau bahkan tidak terjadi sama sekali karna sistem hormon di dalam tubuh terganggu.

Pengobatan Thalassemia

Pengobatan/perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit thalassemia ini tergantung pada tipe serta tingkat keparahan thalassemia. Pada umumnya penderita thalassemia minor tidak memerlukan perawatan khusus karna yang dialami hanyalah gejala ringan. Namun biasanya memerlukan transfusi darah untuk membantu mengatasi komplikasi thalassemia, usai melakukan operasi atau usai melahirkan.

Pengobatan penyembuhan thalassemia kemungkinan dapat diatasi dengan melakukan transplantasi sumsum tulang. Tentunya sumsum tulang yang akan didonasikan dari donor yang telah terbukti cocok dan juga sehat diggunakan untuk menggantikan sumsum tulang penderita thalassemia serta berguna untuk memproduksi sel darah sehat.

Akan tetapi sayangnya transplantasi sumsum tulang jarang sekali yang cocok dan bermanfaat bagi penderita. Seseorang harus benar-benar mencari pendonor yang tepat dan resikonya pun cukup serius. Oleh sebab itu pengobbatan thalassemia dengan melakukan transplantasi sumsum tulang hanya dapat dilakukan apabila kondisi penderita sudah parah hingga memerlukan diskusi dengan keluarga.

nutrinext obat thalasemia2018-11-17

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0811 2043 499


Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.
<!---->